Text
Bagaimana Siswa Belajar
Isu kunci yang dibahas dalam buku "Bagaimana Siswa Belajar" ini adalah:
Bagaimana seharusnya guru mengajar agar siswanya dapat belajar dengan baik? Kata kuncinya: TRUST CHILDREN.
Guru harus percaya bahwa anak-anak bisa belajar sendiri. Manusia itu makhluk pembelajar. Sejak lahir, manusia sudah terarah untuk belajar. Kalau burung terbang, ikan berenang, manusia berpikir dan belajar. Karena itu, siswa tidak perlu disuruh-suruh, dipaksa-paksa, apalagi ditakuti-takuti agar mereka belajar.
Tugas guru adalah: pertama, menyediakan ruang dan sarana-prasarana yang seluas-luasnya untuk mereka belajar, termaksud bereksplorasi dan berkreasi;
kedua, memberikan bantuan dan bimbingan saat mereka memerlukan dan memintanya; ketiga, mendengarkan dengan penuh respek saat mereka bicara atau mengungkapkan isi hati dan pikirannya; keempat, lebih banyak berdiri di belakang, dan sisanya membiarkan siswa belajar sendiri.
Kalau sejak lahir mereka yang sudah berpredikat makhluk pembelajar ini tetap tidak dapat belajar dengan baik, guru (juga orang tua) diharapkan siap merefleksikan dan mengkaji ulang cara mengajarnya. Maka, buku ini wajib dibaca oleh guru dan orang tua.
0000015 | 371.302 Hol b C2 | Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain