Text
Pendidikan Inklusi
Buku Pendidikan Inklusi dilatarbelakangi dengan kondisi pendidikan yang ada di Indonesia dan lebih spesifik lagi dilatarbelakangi oleh Laporan hasil magang dasar dan magang lanjut beberapa mahasiswa yang ada di sekolah Dasar Muhammadiyah Pepe, Domban 3 Tempel, Pulokadang, dan SD Muhammadiyah Blawong 1 pada tahun 2017 di Yogyakarta. Di sekolah-sekolah tersebut ditemukan bahwa masih perlunya perhatian yang serius untuk anak-anak SD yang berkebutuhan khusus. Laporan menunjukkan bahwa Anak berkebutuhan khusus yang disekolahkan di sekolah Muhammadiyah tersebut diberikan pendidikan yang sama dengan anak-anak normal, akan tetapi proses penilaian yang dilakukan oleh guru juga berbeda. Pelaksanaan pendidikan pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah diselenggarakan secara natural dan belum memiliki pegangan atau panduan khusus yang harus atau wajib dimiliki oleh guru yang mengajar anak-anak inklusi di SD Muhammadiyah dalam memahami anak-anak berkebutuhan khusus. Padahal guru-guru perlu mengetahui sejak dini ciri dari anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di kelas-kelas mereka. Pada umumnya kondisi di sekolah yang menjadi tempat Magang, anak-anak berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendampingan dari guru yang mengajari mereka, dikarenakan mesti harus menghadapi anak-anak normal lainnya. Anak-anak inklusi sibuk sendiri tanpa pelayanan inklusif, artinya anak yang berada di luar kelas, dibiarkan begitu saja tanpa pendampingan. Sehingga sangat minim dengan pendekatan face to face untuk mengetahui keinginan anak berkebutuhan khusus. Buku ini dibuat dengan tujuan agar para guru memiliki pegangan untuk mengidentifikasi, mediasi, memfasilitasi pendampingan, dan pembimbingan kebutuhan anak berkebutuhan khusus di sekolah masing-masing. Selain itu, buku ini memberikan penyajian kepada pembaca untuk memahami gambaran umum tentang anak berkebutuhan khusus.
0003293 | 371.9 SAT p | Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain