Text
Pengelolaan Laboratorium Biologi
Alat pendidikan IPA merupakan alat pendukung KBM baik di laboratorium maupun di kelas, dengan catatan tidak semua alat dapat dipindahkan/dibawa ke kelas. Hal ini tergantung pada kepentingannya di dalam membahas konsep dan subkonsep. Seyogianya guru biologi dengan pertimbangannya mengetahui alat pendidikan biologi mana yang mungkin untuk dibawa dan tidak mungkin dibawa ke kelas, misalnya sebagai berikut.
1. Model merupakan alat peraga yang mungkin dibawa ke kelas pada waktu menerangkan konsep-subkonsep yang sesuai.
2. Mikroskop dalam keadaan rutin sebaiknya tetap digunakan di laboratorium, kecuali dalam keadaan darurat dibawa ke kelas.
Dengan demikian alat pendidikan IPA khususnya biologi benar-benar didayagunakan oleh guru untuk kegiatannya, baik dilakukan di laboratorium, di kelas, maupun di lapangan (di luar ruangan) sesuai dengan tuntutan-tuntutan kurikulum 1994. Dengan perkataan lain tidak ada praktikum yang berdiri sendiri. Aktivitas guru dapat di kelas, di laboratorium, maupun di lapangan sesuai dengan konsep yang disampaikan. Kegiatan di masing-masing tempat itu memiliki suasana yang berbeda.
0041942 | 570 Pen C3 | Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta (500) | Tersedia |
0041940 | 570 Pen C1 | Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta (500) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain