Text
Reformulasi Pendidikan Islam
Selama kurun waktu lebih dari lima dasawarsa sejak bangsa bebas dari kolonialisme, dunia pendidikan Islam di Indonesia bisa dikatakan belum memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan bangsa dan bahkan pendidikan Islam di Indonesia belum mampu memberikan tanggapan atau jawaban ketika dituntut perannya untuk mengatasi berbagai persoalan moral dan mentalitas bangsa. Jujur harus dikatakan, bahwa pendidikan Islam hingga saat ini kelihatan sering terlambat merumuskan diri untuk merespon perubahan dan kecenderungan perkembangan masyarakat sekarang dan masa mendatang. Pendidikan Islam, baik pesantren maupun madrasah, baik yang formal maupun non formal, tanpa disadari masih terjebak pada orientasi dikhotomik antara ilmu-ilmu agama dan ilmu umum. Indikasinya, transformasi pengetahuan dan nilai-nilai agama dalam lembaga-lembaga pendidikan Islam tersebut terasa begitu kuat, sehingga hampir-hampir melupakan realitas kebutuhan pasar kerja. Padahal, beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah Orde Baru di masa-masa awal pemerintahannya, agak menggembirakan bagi perkembangan lembaga pendidikan Islam yang merupakan benteng kekuatan moral dan spiritual.
0059614 | 2X7.3 Ari r | Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta (200) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain